ATOM


Untuk mengawali blog ini, aku ingin menulis artikel yang sederhana mengenai sains. Sengaja aku mulai artikel saya untuk membahas bagian benda yang paling kecil yaitu ATOM.
Pada awalnya kata “atom” itu berasal dari kata atomos (bhs. Yunani) yang berarti “tak dapat dibelah”. Namun di era modern ini, walaupun atom sudah dapat dibelah sebenarnya atom adalah bagian terkecil yang berperilaku sebagai unsur kimia yang stabil.
Atom berukuran kurang dari sepersepuluh juta inci, hingga mata telanjang tak mungkin dapat melihat atom, hanya dengan mikroskop elektron bedaya tinggi yang dapat memotretnya. Atom hanya terlihat sebagai titik putih berbulu.
Teori atom yang paling terkenal adalah teori Atom Dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton (1766-18 74) berdasarkan hukum kekekalan massa dari Lavoisier dan hukum ketetapan perbandingan dari Proust.
Bunyi hukum Atom Dalton adalah sbb:
a)      Tiap-tiap unsur terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut atom. Atom tidak dapat dibagi-bagi.
b)      Atom-atom unsur yang sama sifatnya sama, atom dari unsur yang berbeda sifatnya juga berbeda.
c)       Atom tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.reaksi kimia terjadi karena penggabungan atau pemisahan atom-atom.
d)      Senyawa adalah hasil reaksi atom-atom penyusunnya.
Atom tersusun dari : inti atom yang terdiri dari proton dan neutron  dan kulit atom yaitu elektron yang mengelilingi inti. Proton bermuatan positif sedangkan neutron bermuatan netral. Orang yang menemukan neutron adalah James Chadwick (Inggris) th. 1932. Elektron berkelompok dalam “kulit” yang berada disekitar inti atom adalah bermuatan negatif, ditemukan pertama kali oleh Sir Joseph John Thomson tahun 1897.
Sejak awal tahun 1900-an tak ada yang tahu bagaimana susunan atom itu. Sir J.J Thomson mengira atom itu mirip kue, elektronnya tersebar. Pada tahun 1911, Ernest Rutherford (Selandia Baru) menemukan inti atom dan membuktikan bahwa elektron itu sangat ringan. Pada tahun 1913, Neils Bohr (Denmark) menyusun model atom seperti planet mengitari matahari. Teori ini diterima oleh sebagian besar ilmuwan sekarang
Atom alami yang paling ringan adalah hidrogen (H) dan yang terberat adalah Uranium(U). Sebenarnya ada lagi atom yang lebih berat yaitu plutonium dan lawrencium, kedua atom ini buatan manusia.
Sebenarnya benda-benda di dunia ini tersusun dari molekul-molekul yang masih bisa diketahui sifat benda yang dibentuknya. Molekul terdiri dari beberapa unsur(atom) yang bila dipisahkan tidak memiliki sifat benda yang dibentuknya.
Misalnya : air (H2O), yang terdiri dari dua unsur (atom) yaitu oksigen(O) dan hidrogen(H). Jika molekul air (O dan H) ini dipisahkan, sifatnya tidak seperti air lagi.

Referensi : Sains Populer,Brian Brenda, penerbit Rosda Bandung, 2005
Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !

Total Tayangan Halaman

WELLCOME in EXPERIENCE

WELLCOME TO SAINS EXPERIENCE, Anda akan mendapatkan pengetahuan alam semesta dari blog ini, anda juga bisa berartisipasi untuk menulis artikel anda di sini, tentunya yang sesuai dengan tema blog ini.


Pengikut