MOLEKUL

MOLEKUL


Molekul adalah gabunga antara dua atom atau lebih yang saling berikatan kimia.
Ada dua macam molekul, yaitu
1.       Molekul unsur : merupakan molekul yang terbentuk dari dua atau lebih atom yang sejenis.
Contohnya Oksigen, untuk membentuk oksigen, diperlukan 2 atom oksigen. Atom oksigen mempunyai jumlah elektron terluarnya 6, sehingga untuk menjadikan oksigen dengan kulit terluar bermuatan penuh diperlukan dua elektron. Dengan 2 atom oksigen yang menggunakan 2 pasang elektron bersama, maka terbentuklah satu molekul oksigen. Oleh karena itu oksigen ditulis dengan lambang O2 , sebab dibentuk dari 2 atom oksigen.


2.       Molekul senyawa
Molekul senyawa terbentuk dari dua atau lebih atom yang berbeda.
Contohnya molekul air (H2O).
Molekul air terbentuk dari atom 2 hidrogen dan oksigen. Atom oksigen memiliki 6 elektron pada kulit terluarnya, atom ini membutuhkan 2 elektron supaya muatan pada kulit terluarnya penuh. Untuk membentuk satu molekul air, atom oksigen memerlukan 2 hidrogen yang memiliki satu elektron pada kulit terluarnya. Oleh karena itu air ditulis dengan lambang H2O, sebab terbentuk dari 2 atom H dan 1 atom O






Untuk memahami atom secara menyeluruh, perhatikan peta konsep atom di bawah ini!

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !

Total Tayangan Halaman

WELLCOME in EXPERIENCE

WELLCOME TO SAINS EXPERIENCE, Anda akan mendapatkan pengetahuan alam semesta dari blog ini, anda juga bisa berartisipasi untuk menulis artikel anda di sini, tentunya yang sesuai dengan tema blog ini.


Pengikut